Sejarah Seblak Keju

Knock Knock! What's In The Box

Icihers mau tau ngga bagaimana asal mula ide untuk membuat seblak keju ini? Jadi begini Icihers, Maicih ini merupakan jajanan tradisional khas Indonesia, dan Presiden Reza Nurhilman a.k.a Axl punya misi yang luar biasa untuk membawa jajanan tradisional ini Go Internasional. Tujuannya? Ya, untuk memperkenalkan jajanan tradisional ini ke luar negeri.

Nah, atas dasar misi dari Pak Pres itulah manajemen Maicih, dalam hal ini tentunya Mentri Pangan Arie Kurniadi, berinisiatif untuk berinovasi menghasilkan sebuah karya berbeda dari yang lain, yaitu dengan membuat varian terbaru, spektakular, dan boombastis: seblak keju. Terus, kenapa pedes sama keju bisa jadi satu yah Icihers?

Seperti yang kita ketahui, bahwa karakter Maicih itu sangat identik dengan segala hal yang berhubungan dengan pedes, pedes, dan pedes. Bukan begitu Icihers? Sementara seblak keju, produk baru hasil inovasi yang luar biasa, tentu mempunyai unsur keju yang memiliki karakter asin. Nah, di sinilah Pak Arie mencoba menyatukan dua karakter itu, dan hasilnya luar biasa loh Icihers! Terciptalah sebuah kombinasi yang saling melengkapi satu sama lain. Selain itu, sesuai dengan misi Pak Pres tadi, yaitu untuk membawa jajanan tradisonal ini Go Internasional, maka dipilihlah keju, yang diperkirakan sudah sesuai banget dengan kultur dan lidah warga Eropa yang sudah familiar dengan keju.

Ternyata eh ternyata, pemilihan keju ini ngga langsung jadi loh Icihers. Dibutuhkan banyak waktu dan pemikiran dalam terjadinya proses pemilihan sebelum seblak keju muncul. Menteri pangan bilang kalau sebelum menemukan pasangan yang pas untuk menemani cabe yang pedes, yang ada dalam diri si keju, bagian produksi sempet berinovasi besar-besaran dengan berinovasi beberapa pilihan ke rasa buah-buahan. Wah..inovatif banget yah Icihers? Tapi sayangnya, setelah dilakukan berbagai macam riset dan mencoba, ternyata hasil yang didapat ngga sesuai. Karena pedes dari Maicih itu ngga mungkin cocok sama manis atau asem, tapi emang paling cocok sama asin, karena itulah kini si keju yang jadi pilihan untuk mendampingi rasa pedes.

Untuk bahan bakunya sendiri, yang dibutuhin tentu seblaknya yaitu kerupuk. Selain itu tentu keju dan cabe ya sebagai dua komponen utama yang bikin rasanya jadi maknyus. Tentunya ditambah lagi sama tepung tapioka, tepung terigu, minyak nabati, garam dan penyedap rasa. Oiya, keju yang dipake juga bentuknya batangan nih, tapi, sebelum masuk proses pengolahan seblak, keju ini diubah dulu biar jadi keju bubuk.

Prosesnya sama seperti menggiling cabe biar berubah jadi cabe bubuk. Kalau bahan bakunya cabe, garam, dan penyedap rasa, berarti sama dengan seblak original yang udah ada sebelumnya dong ya? Eits. Ternyata masih ada bedanya nih Icihers. Seblak keju ini ngga pake rempah-rempah seperti yang ada di seblak original. Kenapa? Karena karakternya juga berbeda dengan seblak original, jadi dipilih untuk ngga pake rempah-rempah.

 

Sumber

@infomaicih
Category